Apa Itu Cosmeceuticals? Wanita Tak Boleh Ketinggalan Informasi Ini!!

cosmeceuticals

Apa Itu Cosmeceuticals? Wanita Tak Boleh Ketinggalan Informasi Ini!!- Istilah cosmeceutical ini diperkenalkan oleh dokter kulit Dr Albert Kligman pada tahun 1984 dan berasal dari kombinasi kata cosme tic dan pharma ceutical . Memangnya apa itu cosmeceutical itu? Dan bagaimana perannya dalam kehidupan sehari-hari kita?

Apa Itu Cosmeceuticals? Wanita Tak Boleh Ketinggalan Informasi Ini!!

Cosmeceuticals merupakan produk yang memiliki efek kosmetik dan terapeutik (medis atau obat-obatan), dan dimaksudkan untuk memberi efek menguntungkan pada kesehatan dan kecantikan kulit.

Seperti cosmeceutical ini berfungsi sebagai krim atau lotion namun mengandung bahan aktif yang memiliki efek pada fungsi sel kulit.

Dalam beberapa kasus, tindakan ini terbatas pada permukaan kulit (seperti exfoliants), sementara yang lain dapat menembus ke tingkat yang lebih dalam, baik meningkatkan atau membatasi fungsi kulit normal.

Cosmeceuticals ini digunakan sebagai bagian dari rezim perawatan kulit biasa untuk membantu memperbaiki warna kulit dan tekstur, pigmentasi dan garis-garis halus.

Cosmeceuticals ini idealnya memberikan bahan aktif dalam bentuk biologis yang efektif ke kulit dan memiliki manfaat untuk kulit.

Jenis Cosmeceutical

cosmeceuticals

Ada beberapa jenis cosmeceutical yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tabir surya

Jenis yang satu ini mungkin merupakan bahan yang paling penting dalam cosmeceuticals karena melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, penuaan dini dan kanker kulit

2. Antioksidan

Faktor eksternal seperti radiasi ultraviolet (UV), polusi dan merokok, serta faktor internal termasuk metabolisme sel normal, dapat menghasilkan molekul yang disebut radikal bebas yang merusak kulit.

Antioksidan ini membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antioksidan dapat lebih efektif daripada formulasi bahan tunggal. Contoh antioksidan ini diantaranya:

  1. Asam alfa-lipoat: Memiliki manfaat anti-inflamasi dan pengelupasan kulit.
  2. Vitamin C (asam L-askorbat): Merangsang perbaikan kolagen dan memperbaiki garis halus, mengurangi peradangan dan pigmentasi.
  3. Nicotinamide (vitamin B3): Antioksidan yang satu ini membantu meningkatkan fungsi penghalang kulit.
  4. Hal tersebut dapat mengurangi garis-garis halus, keriput dan hiperpigmentasi dan memperbaiki tekstur kulit. Ini mungkin juga berperan dalam pencegahan kanker kulit.
  5. Vitamin E (alpha tocopherol): Antioksidan lain yang mengurangi kerusakan UV dan kanker kulit. Ini juga bekerja secara sinergis dengan vitamin C dalam mengurangi kolagen yang rusak.
  6. N-Acetyl-Glucosamine (NAG): Dapat membantu memudarkan pigmentasi dan mencegah kerusakan akibat sinar matahari (kerusakan foto).
  7. Ubiquinone (CoQ10): Antioksidan alami yang mengurangi kerusakan kolagen karena paparan sinar matahari.

3. Asam hidroksi

Ini dapat diklasifikasikan menurut struktur molekulnya menjadi asam alfa hidroksi (AHA), asam hidroksibutrilat (PHAS) dan asam beta hidroksi (BHA).

Asam hidroksi memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dengan menghidrasi kulit dan mempromosikannya. Penumpahan sel kulit mati dari lapisan luar kulit (epidermis).

4. Sebagai Pencerah Kulit

Ini membantu menghambat produksi melanin (pigmen kulit utama) untuk mengurangi perubahan warna dan juga pigmentasi kulit.

Contohnya meliputi:

  1. Hydroquinone Ini telah menjadi agen pilihan untuk meringankan kulit selama bertahun-tahun. Kekhawatiran tentang kulit yang gelap, kehilangan pigmentasi dan kemungkinan karsinogenisitas menyebabkannya produk ini dilarang penggunaannya.
  2. Asam askorbat (vitamin C)
  3. Asam kojic
  4. Asam Azelaic
  5. Ekstrak licorice (glabridin).

Cara Menguji Keamanan Produk Cosmeceutical

Idealnya cosmeceuticals harus diuji secara klinis untuk memastikan mereka memiliki manfaat yang terbukti benar manfaatnya.

Oleh karena itu, beberapa produk cosmeceutical harus mengantongi izin dari Badan POM sebagai bukti bahwa produk cosmeceutical itu aman untuk dipakai.

Apalagi sekarang ini banyak sekali produk cosmeceutical yang beredar dipasaran. Produk tersebut perlu dipertanyakan keamanannya.

Oleh karena itu, sebagai konsumen yang baik Anda harus memastikan bahwa produk cosmeceutical yang Anda pakai itu aman.

Dan salah satu produk kosmetik yang aman dan memiliki kandungan alami di dalamnya sekaligus telah mengantongi izin dari BPOM adalah Nextskin.

Semua produk Nextskin telah memiliki izin aman dari BPOM. Semua produk dari Nextskin juga telah diuji secara klinis dan aman oleh para ahli dermatologis.

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Produk-produk dari Nextskin pun telah dibuktikan oleh para konsumen. Silahkan Lihat Selengkapnya untuk mendapatkan bukti dari Konsumen NEXTSKIN.

Untuk para wanita sudah pasti memiliki rangkaian skin care dengan beberapa produk kecantikan pilihannya. Namun pertanyaannya adalah apakah produk kosmetik yang Anda pakai memang benar-benar aman?

Jika Anda tahu bahwa produk kecantikan yang Anda gunakan tidak aman, maka segeralah untuk memilih produk kecantikan yang jelas keamanannya.

Bingung harus pakai produk kosmetik yang bagaimana? Apakah penjelasan diatas kurang memberikan penjelasan mengenai produk kosmetik yang baik untuk Anda?

Dapatkan penjelasan seputar produk kecantikan Anda dengan menghubungi Beauty Consultant di 081 129 954 01.