Apa Itu Dermatologi? Dapatkan Informasi Lebih Lengkapnya Dibawah Ini!!

dermatologi

Apa Itu Dermatologi? Dapatkan Informasi Lebih Lengkapnya Dibawah Ini!!- Salah satu cabang ilmu kedokteran adalah dermatologi. Ilmu yang satu ini fokus dalam bidang kulit. Oleh karena itu Anda sangat membutuhkan ilmu yang satu ini. Dapatkan informasi lebih lengkapnya dibawah ini!!

Apa Itu Dermatologi? Dapatkan Informasi Lebih Lengkapnya Dibawah Ini!!

Dermatologi (dari bahasa Yunani kuno δέρμα, derma yang berarti kulit dan λογία, logia ) adalah cabang kedokteran yang berurusan dengan kulit , kuku , rambut dan penyakitnya . Seorang dermatologis mengobati penyakit, dalam pengertian paling luas, dan beberapa masalah kosmetik pada kulit, kulit kepala, rambut, dan kuku.

Ada beberapa cabang ilmu Dermatologi ini. Dan berikut ini adalah beberapa cabang ilmu dari Dermatologi tersebut.

dermatologi

1. Dermatologi kosmetik

Dermatologi telah menjadi pemimpin di bidang kosmetik. Banyak dari ahli Dermatologi kosmetik ini yang menggunakan teknik penggunaan toksin botulinum , pengisi, dan operasi laser.

Selain itu beberapa dermatologists melakukan prosedur kosmetik termasuk sedot lemak , blepharoplasty , dan face lift .

2. Dermatopathology

Seorang dermatolopatologi adalah ahli patologi atau dermatologis yang mengkhususkan diri pada bidang patologi kulit.

Bidang Dermatologi yang satu ini dibagi oleh ahli kulit dan ahli patologi. Pada penyelesaian residensi standar di bidang dermatologi, banyak ahli kulit juga kompeten pada dermatopatologi.

3. Immunodermatology

Bidang ini mengkhususkan diri dalam pengobatan penyakit kulit yang dimediasi kekebalan tubuh seperti lupus , pemfigoid bulosa , pemfigus vulgaris , dan gangguan kulit yang dimediasi oleh kekebalan tubuh lainnya

4. Mohs surgery

Subspesialisasi dermatologis yang disebut operasi Mohs berfokus pada eksisi kanker kulit dengan menggunakan teknik hemat-jaringan yang memungkinkan penilaian intraoperatif 100% margin perifer dan tumor dalam dikembangkan pada tahun 1930 oleh Dr. Frederic E. Mohs .

Prosedurnya didefinisikan sebagai jenis pemrosesan CCPDMA . Dokter yang satu ini terlatih dalam teknik ini harus merasa nyaman dengan patologi dan pembedahan, dan ahli dermatologi menerima pelatihan ekstensif di tempat tinggal mereka.

Dokter yang melakukan operasi Mohs dapat menerima pelatihan teknik khusus ini selama masa tinggal dermatologi mereka.

Teknik yang satu ini membutuhkan integrasi dokter yang sama dalam dua kapasitas yang berbeda: ahli bedah dan juga ahli patologi.

Jika salah satu dari dua tanggung jawab tersebut ditugaskan ke dokter lain atau profesional perawatan kesehatan yang berkualitas, maka tidak akan dianggap sebagai operasi Mohs.

5. Dermatologi anak-anak

Dokter dapat memenuhi syarat untuk spesialisasi ini dengan menyelesaikan residensi pediatrik dan tempat tinggal dermatologi.

Atau mereka mungkin memilih untuk menyelesaikan persekutuan pasca-tinggal. Bidang yang satu ini mencakup penyakit kompleks neonatus , penyakit kulit herediter atau genodermatosis , dan banyak kesulitan untuk bekerja dengan populasi anak – anak .

6. Teledermatology

Teledermatologi merupakan bentuk dermatologi dimana teknologi telekomunikasi digunakan untuk menukar informasi medis melalui semua jenis media (audio, visual dan juga komunikasi data, namun biasanya berupa foto kondisi dermatologis) yang biasanya dilakukan oleh ahli non-dermatologi untuk evaluasi di luar situs oleh ahli kulit)

7. Dermatoepidemiology

Dermatoepidemiologi adalah studi penyakit kulit pada tingkat populasi. Salah satu aspek dermatoepidemiologi adalah penentuan beban global penyakit kulit.

Dari tahun 1990 sampai 2013, penyakit kulit telah membentuk sekitar 2% dari total kecacatan penyakit global [36] yang diukur pada tahun-tahun kehidupan penyandang cacat. (DALYS).

8. Terapi

Terapi yang diberikan oleh ahli dermatologi meliputi hal berikut:

  1. Eksisi dan pengobatan kanker kulit
  2. Cryosurgery – untuk pengobatan kutil, kanker kulit, dan dermatosis lainnya.
  3. Suntikan pengisi kosmetik
  4. Hair removal dengan laser atau modalitas lainnya
  5. Transplantasi rambut – prosedur kosmetik yang dilakukan oleh banyak ahli kulit.
  6. Pengobatan intrauterional – dengan steroid atau kemoterapi .
  7. Terapi laser – baik untuk pengelolaan tanda lahir, kelainan kulit (seperti vitiligo ), penghapusan tato , dan peremajaan dan peremajaan kosmetik.
  8. Kulit kimiawi untuk perawatan jerawat , melasma , dan kerusakan akibat sinar matahari
  9. Terapi fotodinamik – untuk pengobatan kanker kulit dan pertumbuhan prakanker.
  10. Fototerapi – termasuk penggunaan narrowband UVB, UVB pita lebar, psoralen dan UVB.
  11. Penghapusan tato dengan laser.
  12. Liposuction berjemur – sedot lemak ditemukan oleh ginekolog . Seorang dermatologis (Dr. Jeffrey A. Klein ) mengadaptasi prosedur pemberian infus encer lokal lokal yang disebut tumescent sedot lemak. Metode ini sekarang banyak dipraktikkan oleh ahli dermatologi, ahli bedah plastik dan ginekolog.
  13. Terapi radiasi – walaupun jarang dipraktikkan oleh ahli kulit, banyak dokter kulit terus memberikan terapi radiasi di kantor mereka.
  14. Bedah Vitiligo – Termasuk prosedur seperti transplantasi melanosit autologous, suction blister grafting dan punch grafting.
  15. Uji alergi – ‘Uji tempel’ untuk dermatitis kontak.
  16. Terapi sistemik – termasuk antibiotik, imunomodulator, dan produk suntik baru.
  17. Terapi topikal – ahli kulit memiliki pemahaman terbaik tentang banyak produk dan senyawa yang digunakan secara topikal dalam pengobatan.
  18. Sebagian besar farmakologi dermatologis dapat dikategorikan berdasarkan Sistem Klasifikasi Kimia Terapeutik Anatomi , khususnya kode ATC D.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Dermatologi yang penting untuk Anda semua, dan jika Anda merasa Artikel ini sangat membantu, maka silahkan share artikel ini ke teman-teman cantik Anda semua.

NB : Jika Anda masih memiliki masalah pada kulit wajah Anda dan bingung bagaimana cara mengatasinya maka silahkan konsultasikan permasalahan kecantikan Anda                       di 081 129 954 01 secara gratis!