Apa Itu Sunscreen ? Berikut Penjelasan Lebih Lengkapnya!

sunscreen

Apa Itu Sunscreen ? Berikut Penjelasan Lebih Lengkapnya!- Sunscreen merupakan zat untuk melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari, terutama sinar ultraviolet.

Zat yang berasal dari sunscreen ini dibutuhkan oleh mereka yang memiliki kulit yang sangat peka terhadap sinar ultraviolet matahari.

Sebagai orang yang hidup di negara tropis yang selalu disinari oleh sinar matahari, tentunya Anda sudah familiar dengan yang namanya tabir surya alias sunscreen.

Sunscreen ini biasanya dengan mudah bisa kamu jumpai di berbagai drugstore seperti Watsons, Guardian, dan Century.

Sunscreen pada dasarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit kamu dari sengatan dan radiasi dari sinar UVB dan UVA.

Seperti yang kita ketahui, UVA atau sinar ultra violet merupakan penyebab utama timbulnya keriput, garis halus tanda penuaan dini, dan flek hitam pada wajah.

Bahkan ketika seseorang terlalu banyak terkena paparan sinar UVA tanpa perlindungan, hal ini bisa menyebabkan kanker kulit. Menyeramkan, bukan?

Sedangkan sinar UVB merupakan penyebab utama kamu mengalami yang namanya kulit gosong dan hitam, atau lebih dikenal dengan terbakar sinar matahari.

Efek buruk yang disebabkan oleh dua kandungan pada sinar matahari inilah yang selama ini coba kita hindari dengan menggunakan krim tabir surya atau sunscreen.

Nah, penjelasan mengenai sunscreen akan Anda dapatkan dalam penjelasan dibawah ini!!

Apa Itu Sunscreen ? Berikut Penjelasan Lebih Lengkapnya!

sunscreen

Penggunaan sunscreen yang juga dikenal dengan istilah tabir surya dapat dianalogikan sebagai filter yang menyaring paparan sinar ultraviolet terhadap kulitmu. Produk sunscreen biasanya mengandung SPF (Sun Protector Factor) dengan persentase yang bervariasi.

Semakin tinggi nilai SPF, maka tingkat perlindungannya terhadap paparan sinar ultraviolet menjadi semakin baik, terutama bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Akan tetapi sunscreen yang terdiri dari SPF biasanya hanya berfungsi untuk memfilter paparan sinar UV B saja, sementara sinar UV A yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini belum dapat diatasi oleh sunscreen.

Butuh tambahan kandungan bahan lainnya untuk menyempurnakan kandungan sunscreen bagi perlindungan kulit.

Meskipun berfungsi sebagai filter, namun tetap ada kemungkinan kulit kamu terpengaruh oleh sinar ultraviolet, namun dengan presentase yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan sunscreen.

Jadi kebayang dong seberapa besar pengaruhnya jika kamu tidak menggunakan sunscreen? Seberapa efektif tabir surya dapat melindungi kulit kamu, hal itu tergantung dari tinggi atau rendahnya kandungan Sun Protection Factor (SPF) yang ada dalam sunscreen.

Semakin tinggi kadar SPF, itu berarti semakin tinggi kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit kamu. Namun, ternyata sunscreen sendiri memiliki dua jenis, lho. Yaitu Chemical dan Physical Sunscreen. Pernah dengar? Kita bahas perbedaan keduanya berikut ini!!

Perbedaan Chemical dan Physical Sunscreen

sunscreen

Physical sunscreen merupakan krim tabir surya yang mengandung mineral aktif seperti titanium dioksida dan zinc oksida.

Fungsi dasarnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan cara menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada permukaan kulit. Physical sunscreen ini biasanya bertekstur lebih kental, hingga berpotensi lebih tinggi untuk menyumbat pori-pori.

Physical sunscreen dapat bekerja langsung menangkal sinar UVA dan UVB pada saat diaplikasikan pada permukaan kulit, jadi kamu tak perlu menunggu lama untuk merasakan efeknya.

Namun kamu harus lebih berhati-hati pada saat mengenakan tabir surya jenis ini, karena lebih mudah terhapus dari permukaan kulit.

Sedangkan chemical sunscreen memiliki fungsi melindungi kulit kamu dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas.

Energi panas tersebut dapat dilepaskan lewat permukaan kulit. Teksturnya jauh lebih encer dibanding physical, sehingga lebih gampang diserap oleh kulit.

Berbeda dengan physical, tabir surya jenis ini butuh waktu lebih lama untuk bisa diserap oleh kulit. Karena sifatnya yang menyerap dan memiliki kandungan alkohol, chemical biasanya dapat rentan menimbulkan reaksi alergi pada kulit perempuan.

Semakin tinggi kandungan SPF yang ada dalam chemical sunscreen, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu untuk mengalami reaksi alergi.

Secara keseluruhan, physical sunscreen dapat menjadi lebih aman dan bisa ditoleransi oleh kulit sebagian besar perempuan.

Namun kamu harus tahu bahwa tak ada satu pun tabir surya yang mampu meredam efek radiasi sinar matahari sepenuhnya.

Meminimalisir kulitmu dari paparan sinar matahari langsung merupakan solusi terbaik dalam menangkal efek buruk pada kulit.

Namun ada baiknya Anda tetap menggunakan sunscreen ini saat berada dibawah paparan sinar matahari.

Demikianlah penjelasan mengenai Sunscreen yang bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk tetap memakai sunscreen untuk melindungi kulit wajahmu.

 

Dapatkan Produk Nextskin Advanced Day Cream hanya dengan menghubungi Costumer Service kami di 081 129 954 01. 

Anda juga dapat mengkonsultasikan semua permasalah seputar kecantikanmu dengan menghubungi Beauty Consultant kami di 081 139 005 757.