Flek Hitam Pada Wajah Dan Cara Mengatasinya

flek hitam

Flek hitam pada kulit wajah dapat terjadi kapan saja walaupun paling sering ketika menginjak usia paruh baya. Selain karena perubahan hormon, paparan sinar matahari melalui sinar UV dapat menjadi penyebab kemunculan flek hitam.

Nah, pada pembahasan kali ini kita juga akan membahas mengenai penyebab flek hitam pada wajah dan bagaimana cara mengatasi masalah flek hitam tersebut.

Flek Hitam Pada Wajah, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Flek hitam juga ada kaitannya dengan kondisi kulit tertentu dan dapat terjadi sebagai efek samping dari beberapa obat juga. Umumnya ini tidak berbahaya, tetapi ada kalanya flek hitam merupakan tanda dari jenis penyakit tertentu.

Flek-flek hitam dapat berkembang di mana saja, tetapi paling sering muncul di bagian-bagian tubuh yang menerima paparan sinar matahari paling banyak, misalnya:

  • Muka,
  • Punggung tangan,
  • Bahu,
  • Lengan, dan
  • Bagian belakang tubuh

Meskipun biasanya kecil, namun beberapa titik dapat mengelompok bersama dan membentuk area kulit yang lebih gelap.

Untuk beberapa kondisi, flek hitam disebabkan paparan sinar matahari, tetapi bisa juga karena konsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa penyebab lain kemunculan flek hitam adalah kehamilan, penyakit hati, penyakit addison, hemochromatosis (kandungan besi berlebihan di dalam tubuh), dan tumor hipofisis.

Oleh karena itu untuk melakukan perawatan dan penanganan mengenai flek hitam, perlu diketahui dulu penyebabnya.

Sebagian besar flek hitam tidak menimbulkan risiko kesehatan jadi kamu tidak perlu menyingkirkannya. Kecuali kalau flek tersebut menyebabkan rasa sakit dan perbedaan tekstur dengan kulit.

Rasa kurang percaya diri karena kemunculan flek hitam ini dapat diatasi dengan cara penggunaan produk perawatan kecantikan, misalnya penggunaan krim tertentu ataupun perawatan di salon. Penggunaan make up yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan kemunculan flek hitam.

Perawatan natural yang disarankan adalah mengaplikasikan masker buah seperti bengkuang, mentimun, ataupun pisang guna mengurangi flek hitamnya.

Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa memulai dengan rajin mengonsumsi air putih dan mengurangi minum minuman bersoda.

Terlalu banyak minum minuman bersoda bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi sehingga membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Efeknya adalah kulit wajah menjadi kering, kehilangan kekenyalannya, bahkan memunculkan flek hitam.

Terlalu sering terkena pencemaran lingkungan merupakan salah satu pemicu kemunculan flek hitam. Meski begitu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menguranginya, misalnya :

Hindari matahari antara jam 10 pagi hingga 3 sore, ketika sinar matahari paling intens.

Mengaplikasikan tabir surya setiap hari. Produk yang memiliki peringkat faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30 lengkap dengan perlindungan UVA dan UVB.

Oleskan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum paparan sinar matahari. Lebih baik lagi bila kamu mengaplikasikan kembali secara berkala setiap dua jam, atau lebih sering jika berenang atau berkeringat.

Kenakan pakaian pelindung, seperti topi, celana, dan kemeja lengan panjang.

Gunakan krim malam untuk mengatasi mencegah flek hitam dan mempercepat proses regenerasi kulit wajah.

Salah satu krim malam yang bisa membantu mengatasi masalah flek hitam pada wajah adalah Nextskin Brightening Night Cream. Krim malam yang telah diformulasikan secara khusus untuk mengatasi masalah flek hitam pada wajah.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai flek hitam di wajah serta bagaimana cara pencegahan dan perawatannya, bisa tanyakan langsung ke Beauty Consultant Staff NEXTSKIN di 081 129 954 01.