Penjelasan Mengenai Melanin dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Penjelasan Mengenai Melanin dan Faktor Yang Mempengaruhinya- Warna kulit merupakan karakteristik yang dipengaruhi oleh banyak factor. Berbagai gen, gizi, dan juga factor lingkungan dapat memainkan peran dalam warna kulit.

Salah satu komponen yang paling penting dari kulit yang memberikan kontribusi untuk kulit merupakan pigmen yang sering dikenal dengan pigmen.

Nah, pada artikel dibawah ini kita akan membahas mengenai melanin dan fungsinya bagi manusia.

Penjelasan Mengenai Melanin dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Melanin merupakan pigmen yang diproduksi oleh sel yang sering dikenal sebagai melanosit pada kulit manusia.

Pigmen ini hadir dalam nuansa yang berbeda, tergantung pada genetic yang membuat dari individu. Melanin ini datang dalam bentuk dasar, dan dapat berkisar dari kuning-kemerah ke coklat gelap.

Eumelanin merupakan bentuk paling umum dari melanin, dan berwarna coklat. Bentuk dasar lainnya disebut dengan pheomelanin, yang menghasilkan warna coklat kemerahan yang sering dikaitkan dengan bintik-bintik dan rambut merah.

Produksi melanin pada individu tersebut ditentukan oleh beberapa factor. Dan secara umum, setiap individu di bumu memiliki kira-kira jumlah yang sama melanosit. Perbedaanya adalah dalam produski melanin dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini :

1. Paparan Sinar UV

Melanin diproduksi sebagai respon terhadap radiasi UV untuk mencegah kerusakan DNA dalam integument tersebut. Seseorang yang terkena sinar UV, seperti sinar matahari akan menghasilkan lebih banyak melanin untuk perlindungan.

2. Genetik

Etnis dan budaya yang berbeda secara genetic setelah dilepaskan yang menghasilkan warna tertentu dan jumlah melanin karena pewarisan. Hal tersebut pada dasarnya salah satu indicator utama yang digunakan dalam menentukan ras dalam populasi manusia.

3. Ukuran Melanosit

Ukuran melanosit bervariasi pada individu yang berbeda, dan dapat menyebabkan perbedaan dalam jumlah melanin yang diproduksi per sel.

4. Kondisi Penyakit

Beberapa penyakit dapat mempengaruhi produksi melanin, termasuk albinisme (secara genetic untuk memproduksi melanin) dan vitiligo (hilangnya progresif melanosit).

Factor-faktor tersebut berperan dalam produksi dan ekpresi melanin dalam kulit. Jumlah melanin pada tubuh mempengaruhi warna kulit seseorang. Bagi kalian yang ingin memiliki warna kulit yang lebih terang, jumlah melanin dapat dikurangi sehingga pigmen kulit pun berangsur menjadi lebih terang.

Melanin juga dipengaruhi oleh seberapa banyak waktu yang telah kita dihabiskan di bawah sinar matahari serta factor genetika pada diri seseorang.

Pigmen coklat tersebut pada dasarnya bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Diluar factor genetika, semakin sering seseorang terpapar sinar matahari, semakin besar pula jumlah melanin yang diproduksi oleh tubuh.

Dan saat ini ada berita gembira untuk kalian yang menginginkan warna kulit yang lebih terang, yaitu dengan cara mengontrol produksi melanin di dalam tubuh.

Bagaimana caranya?

Suntik putih yang memanfaatkan Vitamin C menjadi salah sati cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulitmu menjadi cerah alami. Namun sayangnya banyak sekali efek samping berbahaya yang bisa ditimbulkan dari cara tersebut, padahal hasilnya pun tidaklah permanen. Jika ingin hasil yang permanen, kamu bisa memperbanyak konsumsi segala macam jenis makanan dan minuman yang kaya akan Vitamin C.

Namun sayangnya cara tersebut juga tergolong tidak permanen dan kurang efektif karena waktunya yang lumayan lama.

Lalu adakah cara yang lebih aman, awet dan juga mudah?

Selain dengan mengkonsumsi makanan dan minuman Vitamin C, kamu juga bisa menggunakan serum Vitamin C yang membantu menutrisi kulit wajah dari dalam.

Nextskin Beauty Serum, menutrisi kulit wajah dari dalam dan mencerahkan kulit secara alami.

Bahan alami yang ada didalamnya membantu merangsang sel-sel epidermis untuk tumbuh dan menggantikan sel kulit yang mengalami hiperpigmentasi dengan sel-sel yang baru sehingga kulit cerah secara merata.