Penyebab Melasma dan Cara Mudah Mengatasinya

flek hitam

Penyebab Melasma dan Cara Mudah Mengatasinya – Pada umumnya, masalah kulit memang mudah terlihat oleh penderitanya. Namun kebanyakan orang cenderung meremehkan penyakit dan masalah yang terjadi pada kulit wajahnya.

Apalagi untuk mayoritas penduduk di negara tropis termasuk di Indonesia yang cenderung memiliki spot hitam di area wajah akibat malas untuk menggunakan krim tabir surya untuk melindungi kuit dari paparan sinar matahari.

Hati-hati dan waspada, spot hitam pada wajah yang terbilang lebar menandakan bahwa kamu sedang menderita melasma, salah satu masalah kulit wajah yang bisa membuat kepercayaan dirimu menjadi berkurang.

Lalu apa sebenarnya melasma itu? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Tenang, karena pada artikel ini kita akan membahas mengenai penyebab melasma dan bagaimana cara mudah mengatasinya.

Penyebab Melasma dan Cara Mudah Mengatasinya

Perlu kalian ketahui bahwa, melasma merupakan sebuah keadaan tidak berbahaya namun bisa mengganggu penampilan karena menciptakan spot hitam yang lebar dan jelas pada kulit wajah.

Efek dari melasma itu sendiri adalah timbulnya bercak coklat atau abu-abu yang mengotori kulit wajah dan tubuh Anda.

Melasma yang paling sering muncul di area pipi, tulang hidung, dahi, dagu dan kulit pada bibir bagian atas.

Namun bisa juga timbul pada area tubuh lainnya yang sering terpapar sinar matahari, misalnya pada bahu, tangan, punggung, leher dan kaki.

Mereka yang memiliki kulit yang berwarna paling rentan akan mengalami melisma karena kandungan melanosit yang ada pada jaringan kulit lebih aktif dibandingkan orang-orang yang berkulit putih atau lebih terang.

Bahkan siapapun bisa menderita melasma, tanpa memandang warna kulit dan latar belakang gen pada tubuhnya, terutama yang sering terkena sinar matahari.

Sebab, sinar ultraviolet mengandung pertumbuhan melanosis pada kulit untuk mengeluarkan lebih banyak melanin sehingga terjadai melasma.

Kondisi melasma ini akan lebih parah ketika musim panas tiba. Kemudian mulai mereda lagi ketika musim dingin atau hujan datang.

Selain itu, melasma juga sangat rentan terjadi pada Ibu hamil akibat dari adanya pergolakan hormone dalam tubuh. Faktor stress juga berpengaruh, karena merangsang produksi hormone melanocyte.

Meskipun tidak begitu berbahaya bagi kesehatan, namun melasma ini mampu membuat para perempuan merasa terganggu dengan noda gelapnya.

Bisa terjadi pada siapa saja, namun untungnya melasma bisa disembuhkan. Kamu bisa menempuh banyak cara untuk mengatasi melasma.

Mulai dari cara yang paling sederhana yaitu dengan rajin menggunakan tabir surya, menggunakan skincare perawatan ke klinik kecantikan.

Jika kamu hendak menjauhkan kulitmu dari bahaya melasma, maka perawatan kulit yang mengandung beberapa bahan alami seperti lidah buaya dan Vitis Vinifera Extract sangat cocok untuk Anda.

Selain menggunakan bahan alami,  Anda juga bisa menggunakan salah satu krim malam yang membantu mengatasi melasma pada kulit wajahmu.

Salah satu krim yang membantu mengatasi masalah melasma adalah NEXTSKIN Brightening Night Cream, krim malam yang membantu mengatasi masalah flek hitam dan juga melasma.

Selain manfaat untuk mencegah masalah melasma, bahan alami tersebut juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Selain dengan menggunakan krim malam NEXTSKIN Brightening Cream, Anda juga bisa menggunakan NEXTSKIN Advanced Day Cream untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Kedua krim ini merupakan kombinasi yang tepat untuk Anda yang ingin terhindar dari masalah melasma.

Jadi mulai dari sekarang, hindari paparan sinar matahari jika tidak ingin terkena melasma ya dan malam harinya, pastikan pakai produk yang fokus untuk mengatasi masalah melasma.

konsultasi kulit wajah