Apa Itu saccharum officinarum extract ? Dan Apa Manfaatnya ?

Apa Itu saccharum officinarum extract ? Dan Apa Manfaatnya ?- Saccharum officinarum extract merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat, terutama pada bagian airnya. Banyak orang yang memanfaatkannya untuyk mengkonsumsinya, apalagi saat musim kemarau.

Air dari saccharum officinarum extract ini memiliki rasa manis dan juga menyegarkan, karena didalamnya terkandung di kandungan glukosa yang dapat menciptakan rasa manis yang alami.

Lalu apa sebenarnya saccharum officinarum extract ini dan apa sih manfaatnya?

Apa Itu Saccharum Officinarum Extract ? Dan Apa Manfaatnya ?

saccharum officinarum extract

Siapa tidak kenal saccharum officinarum extract? Penulis yakin bahwa kita semua pasti mengenal sama yang satu ini. Ya saccharum officinarum extract atau tebu ini menjadi penghasil gula yang kita konsumsi sehari-hari.

Merupakan keluarga graminae atau sejenis dengan suku rumput-rumputan. Bentuk pohon dari tanaman tebu yaitu batang yang berbentuk memanjang keatas, dan terdapat ruas-ruas di batangnya, daunnya terdapat pada setiap ruasnya.

Tanaman tebu tumbuh lebih di 200 negara, dan India adalah produsen gula terbesar kedua di dunia sedangkan penghasil terbesarnya adalah Brasil.

Di negara Karibia misalnya saccharum officinarum extract diolah menjadi falernum dan dipergunakan sebagai bahan campuran cocktail.

Di Indonesia tanaman ini banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatera. Selain di Indonesia, tanaman ini juga bisa hidup di daerah beriklim udara sedang sampai panas.

Kandungan Senyawa Di Saccharum Officinarum Extract

saccharum officinarum extract

Tanaman penghasil gula ini ternyata bukan hanya sekedar dijadikan bahan baku gula pasir maupun vetsin saja, beberapa zat yang terkandung di dalam airnya juga bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit tertentu.

Berikut ini adalah paparkan tentang beberapa kandungan utama senyawa yang ada dalam air tebu beserta manfaatnya

1. Senyawa Octacosanol

Senyawa octacosanol memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh serta memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

2. Senyawa Antidiabetik Saccharant

Gula tebu menjadi momok bagi penderita penyakit diabetes. Pasalnya gula tersebut tidak baik bagi penderita diabetes karena kandungan glukosa dalam senyawa sukrosa tersebut mudah dipecah oleh tubuh.

Sehingga adakalanya harus menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti. Akan tetapi lain halnya dengan kandungan gula dalam air saccharum officinarum extract.

Air perasan tebu memiliki efek antidiabetik. Air tebu mengandung saccharant (bukan saccharine), suatu senyawa jenis polisakarida non-pati yang berkhasiat sebagai antidiabetik.

Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa polisakarida itu pecah saat proses pemanasan menjadi disakarida yang kita kenal sebagai saccharosa (sukrosa), senyawa pencetus diabetes. Inilah yang membedakan air saccharum officinarum extract dengan gula pasir

3. Asam Lemak

Kandungan asam lemak seperti asam linoleat (36,1%), asam palmitat (25,0%), asam oleat (10,2%), asam linolenat (6,9%) dan asam arachidat (7,6%) pada air tebu memiliki efek anti radang dan analgetik (obat penghilang nyeri) (Whyte dan Hengeveld, 1950).

Itulah mengapa tanaman gula ini bisa dijadikan obat tradisional multifungsi. Secara tradisional, masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptik, pengencer dahak dan obat lambung.

Bahkan hal tersebut juga dipakai untuk mengobati kanker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka.

Air saccharum officinarum extract juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor di bagian perut.

Manfaat Saccharum Officinarum Extract

saccharum officinarum extract

Dibalik rasanya yang manis dan sangat khas, ternyata ada banyak manfaat dari saccharum officinarum extract ini. Kandungan jenis bahan yang sangat alami maka dibawah ini adalah beberapa manfaat air tebu untuk kecantikan kalian.

1. Mengobati Masalah Jerawat

Konsumsi air tebu secara teratur ternyata efektif untuk menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat ini. Air tebu mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHAs) misalnya asam glikolat yang membantu meningkatkan pergantian sel.

Jadi jika wajah kalian sangat rentan terhadap masalah jerawat, maka cobalah jus tebu sebagai masker wajah untuk hasil yang sangat efektif.

Baca : Apa Itu AHA? Dan Apa Manfaatnya??

2. Sebagai Anti Aging

Kalian mulai khawatir dengan masalah keriput yang mulai muncul seiring bertambahnya usia. Bahkan keriput di wajah dapat membuat kalian terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Namun jangan khawatir!! Kalian dapat menunda tanda penuaan dengan bantuan air tebu. Manfaat antioksidan, flavonoid, dan juga senyawa fenolik membuat air tebu menjadi pilihan yang baik untuk mencapai kulit yang lebih bercahaya, lembut dan juga semakin lembab.

3. Mencegah Kerusakan DNA

Air saccharum officinarum extract juga membantu melindungi diri anda dari kerusakan DNA akibat masalah radiasi yang dapat mempengaruhi otak kalian. Air saccharum officinarum extract sangat kaya akan antioksidan yang membantu mencegah degradasi oksidatif dari lemak seluler dan lipid serta kerusakan pada DNA.

4. Mengobati Bekas Luka

Air tebu mengandung masalah sukrosa yang secara alami membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Kalian juga dapat mengoleskan air saccharum officinarum extract lansung pada luka untuk hasil yang lebih baik.

Jadfi ternyata ada banyak sekali manfaat dari air saccharum officinarum extract ini bukan? Kalian dapat mengkonsumsi saat musim kemarau atau pada saat cuaca sedang panas atau kamu dapat menemukan manfaatnya hanya di Nextskin Acne Treatment.

nextskin acne treatment

Kandungan AHA yang ada didalamnya membantu mengatasi masalah jerawat secara perlahan. AHA bermanfaat untuk meningkatkan pergantian sel dengan segera sehingga peradangan pada jerawat menjadi berkurang.

Kandungan antioksidan yang ada didalamnya membantu melembabkan kulit wajah dengan cara mengurangi produksi minyak yang ada didalam sebum.

Saccharum officinarum extract juga mengurangi produksi minyak pada wajah dengan cara mengecilkan pori-pori wajah dan membasmi bakteri atau kuman penyebab masalah jerawat secara lebih cepat.

Asam glikolat dan asam laktat yang ada didalamnya membantu dan mencegah masalah jerawat dengan cara mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah minyak yang dikeluarkan secara berlebihan oleh kelenjar minyak.

Jerawat dapat terbentuk karena adanya kandungan minyak pada kulit yang dapat menyebabkan timbulnya bakteri pada wajah.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang sebelumnya memang belum pernah diketahui. Dan sekarang sudah kalian ketahui bukan?? Demikianlah manfaat saccharum officinarum extract ini yang perlu kalian ketahui semoga artikel ini menginspirasi untuk Anda semua.