Apa itu Sorbitan? Dan Apa Manfatnya??

Apa itu Sorbitan? Dan Apa Manfatnya?? – Sorbitan atau Polisorbat 80 merupakan serangkaian bagian ester asam lemak dari sorbitol. Polisorbat terdiri atas 20 unit oxyethylene yang merupakan surfaktan nonionik hidrofilik1.

Sorbitan merupakan surfaktan nonionik dan pengemulsi yang merupakan turunan dari polietoksilat sorbitan dan asam oleat, dan sering digunakan pada beberapa makanan.

Sorbitanbiasa digunakan secara umum sebagai bahan pengemulsi dalam pengolahan emulsi minyak dalam air yang stabil.

Polisorbat juga digunakan sebagai bahan pemerlarut untuk berbagai bahan termasuk minyak esensial dan vitamin yang larut minyak serta sebagai bahan pembasah dalam suspensi oral dan parenteral.

Menurut Rowe et al. (2003), Polisorbat stabil dalam elektrolit dan asam lemah, sedangkan pada asam kuat dapat terjadi saponifikasi.

Polisorbat bersifat higroskopis dan seharusnya diperiksa dari air untuk lebih lanjut dalam penggunaannya dan dikeringkan jika diperlukan.

Selain itu, dari beberapa jenis polyoxyethylene surfaktan ketika disimpan dalam jangka lama dapat terjadinya pembentukan peroksida.

Polisorbat dibuat dari sorbitol melalui tiga tahapan proses. Pada awalnya air dipindahkan dari sorbitol untuk membentuk sorbitan (sorbitol siklik anhidrat).

Kemudian sorbitan secara parsial dilakukan esterifikasi dengan asam lemak misalnya asam oleat atau stearik untuk menghasilkan hexitan ester. Selanjutnya, etilen oksida ditambahkan dalam katalis untuk menghasilkan polisorbat. 1 Struktur kimia sorbitan6

Sorbitan merupakan jenis senyawa ester dan memiliki rumus kimia C24H44O6. Pada temperatur ruang, sorbitanberupa cairan dengan warna kuning terang.

Dalam dunia perdagangan, sorbitandikenal pula dengan nama Polysorbates 80, Span 80 atau Tween 80.

Sorbitan merupakan surfaktan nonionik dan pengemulsi yang merupakan turunan dari polietoksilat sorbitan dan asam oleat, dan sering digunakan pada makanan.

Gugus hidrofilik dalam senyawa ini adalah polieter yang dikenal juga sebagai gugus polioxietilen yang merupakan polimer dari etilen oksida.

Dalam istilah polisorbat, angka yangditunjukkan pada polisorbat menunjukkan gugus lipofilik, dalam hal ini adalah asam oleat 2,7

Sebagai bahan kimia surfaktan, kegunaan sorbitanyang paling utama adalah sebagai emulsifier water in oil, karena sorbitanmemiliki nilai HLB 4,3 4. Selain itu, sorbitanjuga digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan.

Sorbitan ini bersifat tidak larut dalam air dan larut dalam minyak, dan juga stabil pada suhu tinggi serta tidak beracun. 2,7

Manfaat Dari Senyawa Sorbitan

Salah satu manfaat Sorbitan adalah sebagai bahan emulsi. Emulsi merupakan campuran antara partikel-partikel suatu zat cair (fase terdispersi) dengan zat cair lainnya (fase pendispersi).

Emulsi ini tersusun atas tiga komponen utama, yaitu: Fase terdispersi, fase pendispersi, dan emulsifier 3, 6

Emulsi merupakan suatu sistem yang kurang stabil. Oleh karena itu, diperlukan suatu zat penstabil yang disebut zat pengemulsi atau emulsifier.

Emulsifier dapat menstabilkan suatu emulsi karena menurunkan tegangan permukaan secara bertahap.

Penurunan tegangan permukaan akan menurunkan energi bebas yang diperlukan untuk pembentukan emulsi menjadi semakin minimal.

Artinya emulsi akan menjadi stabil bila ditambah emulsifier yang berfungsi menurunkan energi bebas pembentukan emulsi. Daya kerja emulsifier disebabkan oleh bentuk molekulnya yang dapat terikat baik dalam minyak maupun dalam air. 3, 6

Zat pengemulsi atau emulsifier juga dikenal sebagai koloid pelindung yang dapat mencegah terjadinya proses pemecahan emulsi. Contoh aplikasi  emulsifier adalah  sorbitan yang digunakan pada pembuatan krim wajah.

nextskin advanced brightening cream